Tentang Basis data

Tentang Basis data


Pemrosesan basis data menjadi perangkat andalan dan kehadirannya sangat diperlukan oleh berbagai institusi dan perusahaan.

Dalam pengembangan sistem informasi diperlukan basis data sebagai media penyimpanan data.

Kehadiran basis data dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan dapat meningkatkan daya saing perusahaan tersebut, membantu pengambil keputusan untuk segera memutuskan masalah berdasarkan informasi yang ada.

Basis data yang dalam istilah teknologi dikenal dengan nama database merupakan salah satu hal yang mendasar untuk dipelajari dalam jaringan komputer.   Database merupakan kumpulan dari semua data yang ada di dalam suatu organisasi dan semacamnya. Biasanya, basis data disimpan di dalam server, yang sewaktu waktu dapat diakses untuk kepentingan tertentu. 

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari basis data (database) menurut para ahli dan juga para pakar jaringan komputer dan juga database : 

1. Gordon C. Everest 

Database merupakan sebuah koleksi atau kumpulan dari data yang bersifat mekanis, terbagi, terdefinisi secara formal serta terkontrol. Pengontrolan dari sistem database tersebut adalah terpusat, yang biasanya dimiliki dan juga dipegang oleh suatu organisasi. 

2. C.J. Date 

Database adalah suatu koleksi “data operasional” yang sengaja disimpan dan juga dipakai oleh suatu system aplikasi dari suatu system organisasi. Lebh lanjut, Date menyebutkan bahwa data yang tersimpan di dalam database memiliki tiga jenis data, yaitu data input, output dan juga operasional. 

3. Toni Fabbri 

Database merupakan suatu sistem dimana banyak terdapat file-file dan juga data yang terintegrasi dimana file serta data tersebut memiliki sebuah primary key untuk melakukan proses pengulangan data. 

4. S. Attre 

Pendapat lain mengenai pengertian database diungkapkan oleh Attre. Attre mengatakan bahwa database adalah sebuah koleksi dari data-data yang saling berinteraksi satu sama lain yang ada di dalam suatu organisasi atau digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. 

5. Chou 

Chou memberi definisi lainnya mengenai database. Chou mengatakan bahwa database merupakan suatu kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tatacara yang khusus, sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan dari organisasi. 

6. Fabbri dan Schwab 

Fabbri & Schwab mengatakan bahwa database adalah sebuah sistem pemberkasan terpadu yang dirancang untuk dapat meminimalkan pengulangan data. 

Maka dapat disimpulkan bahwa database atau basis data merupakan suatu kumpulan data yang berupa berbagai macam file yang tersimpan di dalam storage khusus yang digunakan untuk kepentingan suatu organisasi dan dapat diakses ataupun digunakan oleh siapapun yang berhak atau membutuhkannya.